Telah dibuka pendafataran bagi calon-calon taruna STTD Bekasi. Pendaftaran dimulai mulai tanggal 21 Februari 2011 sampai dengan 25 Juni 2011.
PROGRAM STUDI :
1. Program D.IV Transportasi Darat (D-IV Transdar), STTD, diasramakan di Bekasi;
2. Program D.III Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (D-III LLAJ), STTD, diasramakan di Bekasi;
3. Program D.III Perkeretaapian (D-III KA), STTD, diasramakan di Bekasi;
4. Program D.III LL Angkutan Sungai dan Penyeberangan (D-III LLASDP), BPPTD, diasraamakan di Palembang;
5. Program D.II Pengujian Kendaraan Bermotor (D-II PKB), BPTTD, diasramakan di Tegal;
6. Program D.II Pengujian Kendaraan Bermotor (D-II PKB), BPTTD, diasramakan di Bali;
PERSYARATAN PENDAFTARAN :
1. Persyaratan Umum
a. Usia maksimum 23 tahun pada bulan September 2011, dan bagi DTPN maksimum 26 tahun, dengan dibuktikan Akte Kelahiran atau Akte Kenal Lahir;
b. Peserta yang berstatus PNS/BUMN yang mendapat Tugas Belajar dari Instansi-nya maksimum berumur 26 tahun pada bulan September 2011.
c. Jenis Kelamin : Pria atau wanita;
d. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan dibuktikan dengan Surat Pernyataan;
e. Tinggi badan minimal Pria 160 Cm dan Wanita 155 Cm, diukur langsung ditempat pendaftaran;
2. Persyaratan Administrasi
a. Menyerahkan Pas Photo berwarna terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 6 lembar;
b. Menyerahkan foto copy STTB, NUAN, Akte Lahir, dan Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan serta menunjukkan aslinya;
c. Menyerahkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
d. Bagi yang masih duduk dikelas III SLA, dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah;
e. Bukti pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp. 75.000,- , (melalui REK : BADAN PENGEMBANGAN SDM PERHUBUNGAN, PT. BANK BNI CABANG TANAH ABANG, Nomor Rekening : 0018315478 atau dengan bukti Pos Wesel yang ditujukan kepada Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Jl. Merdeka Timur No.5 Jakarta 10110).
3. PERSYARATAN IJAZAH :
a. Program D.IV TRANSDAR :
1) SMU/MAN (IPA)
2) SMK Jurusan Mesin, Otomotif, Listrik dan Bangunan
b. Program D.III LLAJ :
1) SMU/MAN (IPA)
2) SMK Jurusan Mesin, Otomotif, Listrik dan Bangunan
c. Program D.III PERKERETAAPIAN :
1) SMU/MAN (IPA)
2) SMK Jurusan Mesin, Otomotif, Listrik dan Bangunan
d. Program D.III LLASDP :
1) SMU/MAN (IPA)
2) SMK Jurusan Mesin, Otomotif, Listrik, Informatika.
e. Program D.II PKB :
1). SMU/MAN (IPA)
2). SMK Jurusan Mesin, Otomotif dan Listrik
LOKASI PENDAFTARAN DAN TEMPAT TEST :
1. STTD BEKASI , Jl. Raya Setu Km.3,5 Cibuntu Cibitung Bekasi, 021-8254640 [LOKASI STTD]
2. BPPTD Palembang, Jl. Sabar Jaya No.116 Perajin, Mariana Palembang, 0711-7084320
3. BPPTD Tegal, Jl. Semeru No.3 Tegal, 0283-351061
4. BPPTD Bali, Jl.Batu Yang No.109 X Batu Bulan, Gianyar Bali, 0361-291103
5. PIP Semarang Jl. Singosari No..2A Semarang, 024-8311527
6. PIP Makasar, Jl. Tentara Pelajar No.173 Makasar, 0411-314744
7. ATKP Medan, Jl. Penerbangan no.85 Padang Bulan Km.8,5 Medan, 061-8360675
8. ATKP Suarabaya, Jl. Jemur Handayani I/73 Wonocolo Surabaya, 031-8410871
9. ATKP Makasar, Jl. Poros Makasar Maros km.25 Mandai Sulsel, 0411-373212-3
10.BPL Penerbangan Jayapura, Jl. Kayu Batu No.6 Jayapura, 0711-410930
11.BP2IP Sorong, Jl. Tanjung Saoka No.1 Distrik Sorong Barat, 08179152858
12. Dinas Perhubungan Prov. Kalimantan Barat, Jl. Adi Sucipto Km.9,2 Pontianak, 0561-722913, 721466.
13. Dinas Perhubungan Prov. Kalimantan Tengah, Jl. S. Parman No.1 Palangkaraya, 0536-3221090.
14. Dinas Perhubungan Prov. Sulawesi Tenggara, Jl.Sultan Hasanuddin 63 Kendari, 0401-3123704, 3129098.
15. Dinas Perhubungan Prov. Sulawesi Utara, Jl.RE Martadinata 35 Manado, 0431-867052.
16. Dinas Perhubungan Prov .Nusa Tenggara Timur, Jl. Palapa No.17 Kupang, 0380-833691, 831321.
17. Dinas Perhubungan Prov. Riau.
18. Dinas Perhubungan Prov. Nanggroe Aceh Darrusallam.
Tata Cara Pendaftaran :
1. Peserta datang sendiri ke lokasi yang telah ditentukan dan mengukur tinggi serta berat badan (untuk mengetahui apakah memenuhi persyaratan).
2. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan Panitia SIPENCATAR.
3. Melengkapi persyaratan administrasi.
Jenis dan Tahap Seleksi :
1. Seleksi Administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi calon peserta;
2. Seleksi Potensi Akademik;
3. Seleksi Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotest dan Wawancara dilaksanakan di masing-masing lokasi pendaftaran berdasarkan kriteria yang telah ditentukan;
4. Kelulusan ditentukan 2 (dua) tahap yaitu Potensi Akademik dan Pantukhir.
5. Seleksi Akademik akan dilaksanakan pada tanggal : 28 Juni 2011
LAIN-LAIN :
1. Tidak diadakan surat menyurat antara peserta dengan panitia seleksi.
2. Pengumuman hasil-hasil seleksi akan diumumkandi tempat pendaftaran.
3. Calon Taruna yang dinyatakan LULUS harus melengkapi Surat Kelakuan Baik dari POLRI dan membawa hasil Seleksi Tes Kesehatan.
4. Biaya Asrama, permakanan, Pakaian Seragam dan Buku selama pendidikan ditanggung oleh taruna/Taruni.
5. Uang Pendaftaran tidak dapat ditarik kembali bila sudah disetorkan ke Rekening Badan Pengembangan SDM Perhubungan.
*****
Pola Rekrutasi :
1. Pendaftaran Calon Taruna melalui jalur Penelusuran Minat Dan Bakat (PMDK) :
a. Memiliki prestasi akademik 10 terbaik di sekolah unggulan yang dinyatakan secara tertulis oleh Kepala Sekolah, atau
b. Berasal dari sekolah unggulan (sesuai yang terdaftar pada Dinas Pendidikan) dan memiliki nilai raport mulai dari kelas I, II dan III untuk setiap semester dan mata Pelajaran Bahasa Inggris minimal 7, Matematika minimal 7 dan Fisika minimal 7;
c. Mengikuti seleksi penerimaan calon taruna, kecuali untuk Seleksi Akademik (tertulis).
d. Khusus Peserta seleksi melalui Jalur Penelusuran Minat dan Bakat, lokasi pendaftaran hanya pada Kampus yang didaftar atau dituju.
2. Pendaftaran Calon Taruna melalui jalur Umum :
a. Memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan (persyaratan diatas);
b. Bagi yang masih duduk di kelas III dengan surat keterangan dari Kepala Sekolah sebagai peserta UAN atau yang telah lulus dengan membuktikan nilai UAN asli.
c. Mengikuti semua tahap Seleksi penerimaan calon taruna.
*** Calon peserta seleksi melalui Penelusuran Minat dan Bakat maupun melalui Seleksi Umum datang langsung pada tempat pendaftaran (tidak boleh diwakili) dengan membawa persyaratan yang ditetapkan.
No comments:
Post a Comment